Skip to main content

9 Jenis Sistem Pembayaran yang Sering Dipakai di Indonesia


Berusia ini, bisnis sedikit demi sedikit telah banyak memasuki ke dunia digital. Perpindahan ini menjadikan sebagian bisnis sediakan sebagian tipe sistem pembayaran.

Perihal tersebut sebab terdapatnya pertumbuhan teknologi yang pesat serta pastinya jadi alibi hadirnya bermacam kemudahan buat melaksanakan transaksi antara konsumen serta pebisnis.  

Hingga itu, sistem pembayaran, baik online maupun offline hadir dengan bermacam tipe. Dalam perihal ini, admin merangkum sebagian tipe sistem pembayaran yang kerap digunakan di Indonesia selaku fasilitas buat memudahkan transaksi yang dicoba.

Baca Juga: 8 Diksi Indonesia yang Terkesan Sangat Indah

1. Transfer bank

Tipe sistem pembayaran online yang awal serta kerap digunakan merupakan transfer bank. Kalian dapat mengenakan sistem pembayaran ini dengan metode mobile banking, internet banking, ataupun mesin ATM. 

Pada dasarnya, tipe sistem pembayaran ini terkategori metode lama yang masih digunakan sampai saat ini. Sistem pembayaran ini masih terkategori nyaman serta instan buat dicoba. Tidak hanya itu, metode ini pula telah diketahui oleh banyak orang.

2. Kartu kredit

Dengan memakai kartu kredit selaku salah satu tipe sistem pembayaran, kalian dapat berbelanja apa saja baik di dalam ataupun luar negara. Tidak hanya itu, kalian pula tidak wajib langsung membayar benda belanjaan.

Banyak dari bisnis online dalam serta luar negara memasukkan kartu kredit selaku salah satu tipe sistem pembayaran sehingga banyak orang menyukainya serta memakainya.

Baca Juga:Resep Masakan Ayam Panggang Bumbu Rujak

3. Kartu debit

Pemakaian kartu debit ataupun ATM masih lumayan terkenal dalam industri keuangan. Perihal ini sebab tipe sistem pembayaran ini kerap dipakai di Indonesia, apalagi semenjak dini berdirinya perbankan. 

Tetapi, pembayaran dengan memakai kartu debit ini kerapkali mempunyai limit dalam transaksi sehingga pembayaran memakai kartu debit masih diandalkan buat transaksi nontunai dalam jumlah tertentu.

4. Paypal

Nyaris sama dengan kartu kredit, paypal pula bisa jadi salah satu sistem pembayaran yang kerap dipakai di Indonesia buat bertransaksi dengan toko ataupun bisnis online luar negara. 

Tetapi, tidak bisa dipungkiri, sebagian toko lokal pula bisa memakai paypal selaku salah satu tata cara pembayaran online yang dapat kalian seleksi.

5. Kredit tanpa kartu

Tidak jauh berbeda dengan paypal serta kartu kredit, pemakaian sistem pembayaran kredit tanpa kartu ini pula dapat jadi opsi. 

Dikala ini telah banyak layanan kredit tanpa kartu yang dapat dicoba cuma dengan memasukan kode OTP serta PIN kredit yang didaftarkan pada aplikasi layanannya. Pastinya, perihal ini mempermudah sebagian golongan dalam melaksanakan transaksi online.

Baca Juga: Perlu Diketahui Ini 5 Jenis Gigi Palsu yang Permanen

6. Rekening bersama

Salah satu tipe sistem pembayaran ini mempunyai tujuan buat bersama melindungi penjual serta pembeli. Sistem ini tumbuh bersamaan dengan timbulnya transaksi jual- beli di marketplace online. Tidak cuma itu, tata cara pembayaran online ini pula sering diterapkan di website freelancer.

Rekening bersama memakai sistem bekerja dengan mengaitkan pihak ketiga yang bertujuan buat menahan dana sampai transaksi berakhir dicoba serta benda hingga dari tangan penjual ke pembeli secara utuh. Jadi, dikala benda telah hingga, pembeli harus melaksanakan konfirmasi supaya dana lekas dilepaskan kepada penjual.

7. Dompet digital

Salah satu tipe sistem pembayaran yang kerap dipakai di Indonesia ini pastinya telah tidak asing lagi untuk sebagian orang yang kerap melaksanakan transaksi online. Di beberapa marketplace, e- commerce, apalagi toko offline sekalipun, telah sediakan sistem pembayaran ini selaku salah satu fasilitas melaksanakan transaksi. 

Baca Juga: Pengertian Bank: Fungsi, dan Jenis-jenis Bank

Walaupun demikian, masih terdapat keterbatasan layanan pembayaran pada sistem pembayaran ini sebab cuma merchant tertentu yang berkolaborasi yang bisa memakai sistem pembayaran online ini. Tetapi, kedepannya prospek e- wallet dapat tumbuh lebih jauh selaku perlengkapan pembayaran online.

8. Pembayaran di ritel tunai

Tata cara pembayaran online yang terakhir merupakan ritel tunai, ialah pembayaran yang dicoba melalui duit tunai/ cash di supermarket yang terdapat di segala Indonesia. Umumnya yang memilah tipe sistem pembayaran ini, tidak mempunyai sebagian sistem pembayaran di atas ataupun cuma mempunyai uang cash untuk membayarnya. 

Tipe sistem pembayaran online ini pula sama mudahnya dengan sebagian tata cara pembayaran online lainnya.

9. COD( Cash on Delivery)

Tidak cuma melalui gerai ritel tunai, sistem pembayaran cash on delivery ( COD) pula kerap jadi fasilitas sistem pembayaran dengan duit tunai/ cash. Umumnya sistem pembayaran ini digunakan buat transaksi marketplace atau e- commerce dengan memilah sistem pembayaran COD.

Orang yang memakai sistem pembayaran ini, biasanya, mau menjamin keamanan bertransaksi, baik dalam perihal pembayaran ataupun pemenuhan mutu produk.*

Popular posts from this blog

Sinopsis Novel "Jingga dan Senja" Esti Kinasih yang Jadi Serial

Samsung Galaxy A73 5G: Harga Turun Februari 2024, Cek Spesifikasinya!

3 Resep Minuman Coklat Nikmat dan Lezat

4 Resep Minuman Coklat Kekinian yang Menggugah Selera

iPhone XR dan iPhone XS Siap Terima Update iOS 18!

Xiaomi Smart Band 8 Pro: Bisa Bertahan Hingga 14 Hari!

Resep Nasi Goreng Spesial yang Lezat dan Sederhana

Viral di TikTok: Dokter Ungkap Tak Perlu Pakai Pelembap di Pagi Hari

Resep Nasi Goreng Hongkong Mudah dan Praktis

Menggapai Mimpi di Negeri Laskar Pelangi: Sinopsis Buku Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata