Skip to main content

8 Diksi Indonesia yang Terkesan Sangat Indah


Diksi ialah suatu kosakata yang biasanya digunakan buat mengatakan gagasan dengan dampak tertentu. Salah satu yang sangat kerap digunakan dalam dunia sastra merupakan diksi indah dalam karya puitis.

Merangkum perkata Bahasa Indonesia yang tercantum di KBBI, berikut sebagian diksi indah serta estetik yang mempunyai arti puitis. Gak banyak orang yang ketahui!

1. Selia

Kata awal merupakan selia. Bagi KBBI, kata ini mempunyai 2 makna yang berbeda.

Awal, kata ini dapat menggambarkan sesuatu keadaan yang tertib, apik, elok, serta apik. Sedangkan, makna lain dari kata ini merujuk pada kata kerja memandang.

2. Litani

Dalam KBBI, kata yang satu ini mempunyai 3 penafsiran. Litani dapat dimaksud selaku doa yang kata- katanya tertentu serta diungkapkan secara sambut- menyambut pada upacara kebaktian di gereja, mula- mula oleh pastor yang mengetuai misa, setelah itu disambut oleh segala jemaat( doa ini kerap dinyanyikan).

Tidak hanya itu, kata ini pula dapat berarti puisi ataupun prosa berirama yang berisi doa, permohonan, mantra, wujud yang sama bisa pula dituangkan dalam sesuatu komposisi musik, misalnya litani ciptaan Mozart. Litani pula dapat berarti pembawaan puisi secara bersama serta bersahut- sahutan.

3. Kalis

Berikutnya terdapat kalis. Kata ini menggambarkan keadaan suci, bersih, murni, gak bisa terserang penyakit, kebal, serta sebagainya.

Gak cuma itu, kalis pula dapat dimaksud dengan suasana di mana seorang bebas dari bahaya. Dalam pemakaian lain, kalis pula dapat digunakan buat mencerminkan sesuatu perihal yang elastis bila ditarik serta gak gampang sobek.

4. Semenjana

Semenjana ialah kata baku dari menjana serta semejana. Bersumber pada KBBI, kata ini mempunyai makna menengah ataupun lagi. 

5. Gandrung

Gandrung ialah diksi yang biasa digunakan buat menggambarkan kerinduan yang teramat dalam. Dengan kata lain, makna dari kata ini mencerminkan seorang yang tergila- gila sebab asmara.

Tetapi, di sisi lain gandrung pula mempunyai makna lain, semacam tarian yang berasal dari Banyuwangi, dibawakan oleh seseorang perempuan bersama- sama tamu laki- laki dengan iringan kendang, kempul, serta sebagainya. Tidak hanya itu, dalam bidang keilmuan, gandrung diketahui selaku nama suatu tanaman.

6. Sabitah

Sabitah merupakan salah satu diksi indah yang tidak sering dikenal. Makna dari kata ini merujuk pada bintang yang letaknya senantiasa di langit kala dilihat dari bumi. 

7. Ugahari

Sempat dengar kata yang satu ini? Ya, gak banyak orang yang sempat dengar ataupun mengenakan kata ugahari selaku diksi dalam aktivitas tiap hari. 

Bersumber pada KBBI, kata ini mempunyai makna lagi ataupun pertengahan. Tidak hanya itu, ugahari pula dapat digunakan buat mengatakan kata simpel supaya lebih estetik.

8. Jenggala

Muat diksi yang gak universal ialah salah satu kelebihan yang biasa muncul dalam suatu karya sastra puitis. Hingga dari itu, kalian dapat banget memakai kata yang satu ini supaya perihal yang mau kalian ungkap jadi lebih indah.

Makna dari jenggala sendiri merupakan hutan ataupun rimba. Apakah kalian sempat mencermatinya?

Itu ia sebagian diksi dalam Bahasa Indonesia yang estetik serta indah. Tidak hanya gak banyak orang ketahui, sebagian makna dari kosakata tersebut pula mempunyai arti yang mendalam.

Popular posts from this blog

Sinopsis Novel "Jingga dan Senja" Esti Kinasih yang Jadi Serial

Samsung Galaxy A73 5G: Harga Turun Februari 2024, Cek Spesifikasinya!

3 Resep Minuman Coklat Nikmat dan Lezat

4 Resep Minuman Coklat Kekinian yang Menggugah Selera

iPhone XR dan iPhone XS Siap Terima Update iOS 18!

Resep Nasi Goreng Spesial yang Lezat dan Sederhana

Xiaomi Smart Band 8 Pro: Bisa Bertahan Hingga 14 Hari!

Viral di TikTok: Dokter Ungkap Tak Perlu Pakai Pelembap di Pagi Hari

Menggapai Mimpi di Negeri Laskar Pelangi: Sinopsis Buku Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata

Resep Nasi Goreng Hongkong Mudah dan Praktis