Skip to main content

Pengertian Bank: Fungsi, dan Jenis-jenis Bank

Pengertian Bank: Fungsi, dan Jenis-jenis Bank

Lembaga keuangan yang telah diketahui luas oleh warga ini terus menjadi banyak memperoleh nasabah. Terlebih dikala terjalin gejolak ekonomi semacam saat ini ini, membuat warga memerlukan pinjaman selaku modal usaha, ataupun penuhi kebutuhan yang lain.

Bank mempunyai guna dalam menghimpun dana dari warga serta menyalurkan produk dalam wujud pinjaman buat menolong tingkatkan taraf hidup. Dengan terdapatnya pinjaman ini, warga hendak lebih gampang dalam melaksanakan aktivitas ekonomi, dalam wujud produk, distribusi, ataupun mengkonsumsi.

Nah, apa itu Bank dan apa saja jenis- jenis bank?

Baca Juga: 8 Jenis Kartu Debit ATM BCA dan Perbedaan Fiturnya

Apa itu Bank?

Bank merupakan lembaga keuangan yang mempunyai otoritas dalam menghimpun dana serta membagikan pinjaman kepada warga. Penghimpunan dana dari warga tersebut dalam wujud investasi dengan suku bunga tertentu.

Pinjaman kepada warga ialah produk keuangan yang disalurkan buat penuhi kebutuhan warga dalam tingkatkan taraf hidupnya. Kebutuhan warga ini dalam wujud mengkonsumsi, ataupun kredit buat modal usaha.

Banyak sekali produk keuangan yang ditawarkan oleh bank kepada para nasabahnya. Semacam manajemen investasi, penukaran mata duit, jasa pembayaran, serta bermacam layanan yang lain.

Bank sendiri berasal dari kata Italia, yaitu Banco yang berarti meja ataupun bangku. Sebab terdapat era dahulu, proses pelayanan yang dicoba oleh bankir ini memakai meja operasional spesial.

Dari sebutan tersebut kemudian Banco berubah jadi Bank.

Dalam tiap negeri terdapat banyak sekali bank dengan bermacam tipe serta wujudnya. Seluruh bank tersebut diatur oleh suatu bank sentral, di Indonesia bank sentral dicoba oleh Bank Indonesia.

Baca Juga: Begini Cara Belajar Trading Forex Untuk Pemula

Sejarah Bank di Indonesia

Di Indonesia sendiri terdapatnya bank telah diawali semenjak negeri ini berdiri. Tepatnya pada 5 Juli 1946 Bank Negeri Indonesia( BNI) didirikan oleh pemerintahan Indonesia.

BNI bertugas dalam mengedarkan perlengkapan pembayaran dalam wujud mata duit Indonesia, ialah Rupiah.

Pada 1 Juli 1953 suatu bank kepunyaan Hindia Belanda De Javasche Bank( DJB) dinasionalisasi jadi kepunyaan Indonesia. Bank inilah yang setelah itu diganti namanya jadi Bank Indonesia, yang jadi bank sentral negeri.

Bank sentral ini mempunyai guna dalam mengatur kebijakan moneter, perbankan, serta memperlancar dalam kemudian lintas pembayaran yang terletak di dalam kawasan Indonesia ataupun luar negara.

Pada 26 Oktober 1988 timbul wujud bank lain, ialah Bank Perkreditan Rakyat( BPR). Guna dari bank ini merupakan melayani warga buat kalangan mikro, kecil, serta menengah.

Pada tahun yang sama timbul Bank Danamon yang ialah bank devisa swasta awal yang didirikan di Indonesia. Bank ini seperti bank biasa yang melayani bermacam layanan keuangan kepada warga universal.

Baca Juga: 6 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dengan Mudah

Jenis- Jenis Bank

Terdapat sebagian tipe bank yang terletak di Indonesia, ialah:

1. Bank Sentral

Bank ini jadi suatu lembaga bagian dari lembaga besar negeri yang bertanggung jawab dalam kebijakan moneter. Salah satu tugas berarti yang dicoba merupakan melindungi kestabilan harga serta nilai mata duit negeri, sehingga meminimalisir terdapatnya inflasi.

Bank sentral ini pula bertugas dalam mengendalikan serta mengawasi bank- bank yang lain yang terdapat di negeri. Pengawasan ini dapat menghalangi bank- bank universal serta lembaga keuangan yang lain supaya tidak terjalin efek krisis yang sistemik.

2. Bank Umum

Bank universal ialah lembaga keuangan dalam wujud bank yang melaksanakan tugasnya secara konvensional ataupun syariah. Bank universal ini membagikan layanan kepada warga dalam menghimpun serta menyalurkan produk keuangan.

Bank universal mempunyai orientasi terhadap laba. Tetapi demikian senantiasa wajib memiliki tujuan dalam tingkatkan taraf hidup warga di suatu negeri.

3. Bank Perkreditan Rakyat( BPR)

Bank ini seperti bank universal cuma saja fokus pelayanannya pada warga kalangan mikro, kecil, serta menengah. Bank ini pula mempunyai produk keuangan seperti bank universal, semacam deposito berjangka, tabungan, pinjaman, serta lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Cara Jualan di Instagram, Order Jalan Terus

Fungsi Bank

Bank mempunyai guna universal serta guna universal. Ada pula guna universal bank merupakan selaku berikut

1. Penghimpun dana masyarakat

Dana yang dikumpulkan oleh bank dari 3 sumber, ialah modal dini kala bank didirikan, dana dari warga dalam wujud tabungan, deposito, tabanas, serta dari lembaga keuangan.

2. Penyalur dana kepada masyarakat

Dana yang disalurkan ini dalam wujud kredit, pesan berharga, serta lain sebagainya.

3. Mengawasi kemudian lintas uang

Pengawasan tersebut dapat dalam wujud pengiriman duit, kartu kredit, serta lain sebagainya.

Sebaliknya guna spesial bank merupakan selaku berikut:

  • Agent of Trust

Bank berlandaskan nilai keyakinan, sehingga warga tidak hendak takut uangnya dikelola oleh bank.

  • Agent of Development

Bank jadi mitra yang baik dalam mengajak warga buat berinvestasi, melaksanakan mengkonsumsi, serta lain sebagainya dengan bijak.

  • Agent of Services

Bank mempunyai banyak sekali layanan kepada warga. Seluruh wujud layanan tersebut hendak mempermudah warga dalam melaksanakan transaksi keuangan.

Seperti itu bank yang terus menjadi diketahui oleh warga dengan bermacam berbagai produk yang diunggulkannya. Tiap bank pastinya memiliki tugas utama dalam tingkatkan taraf hidup warga, sehingga lebih produktif dalam melaksanakan aktivitas ekonomi.

Popular posts from this blog

Sinopsis Novel "Jingga dan Senja" Esti Kinasih yang Jadi Serial

Samsung Galaxy A73 5G: Harga Turun Februari 2024, Cek Spesifikasinya!

3 Resep Minuman Coklat Nikmat dan Lezat

4 Resep Minuman Coklat Kekinian yang Menggugah Selera

iPhone XR dan iPhone XS Siap Terima Update iOS 18!

Resep Nasi Goreng Spesial yang Lezat dan Sederhana

Xiaomi Smart Band 8 Pro: Bisa Bertahan Hingga 14 Hari!

Viral di TikTok: Dokter Ungkap Tak Perlu Pakai Pelembap di Pagi Hari

Menggapai Mimpi di Negeri Laskar Pelangi: Sinopsis Buku Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata

Resep Nasi Goreng Hongkong Mudah dan Praktis